Jumat, 18 Juli 2008

Idealkah BadanKu?


Setiap remaja, apalagi remaja wanita menginginkan berat badan yang ideal. Hal tersebut penting dalam pergaulan dengan sesama remaja lainnya. Image wanita cantik sama dengan wanita yang langsing atau bertubuh kurus masih ada sampai saat ini. Bahkan untuk mengejar image tersebut, banyak remaja yang melakukan sejumlah diet ketat. Dan hasilnya bahkan menjadi tidak ideal lagi. Namun, berikut ini kami akan memaparkan sejumlah cara untuk menurunkan berat badannya menjadi ideal, mungkin Anda dapat mengikuti beberapa saran dibawah ini.
Hal pertama yang dapat Anda lakukan, Janganlah Anda melakukan apapun karena Anda merasa dipermalukan dan dipojokkan karena berat badan Anda yang gemuk. Tapi lakukan diet ini demi kesehatan Anda sendiri. Anda tahu dengan berat badan Anda yang sekarang Anda dapat lebih mudah terserang penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya dengan tujuan yang rasional, kesehatan.
Selain itu Anda juga jangan menyalahkan siapapun atas tindakan orang yang memojokan. Apalagi sampai menyalahkan orangtua, bila hal tersebut Anda lakukan maka sudah merupakan langkah yang salah. Dan setelah itu baru menyesal juga tindakan yang buruk dan tidak akan membantu Anda dalam proses selanjutnya.
Setelah Anda menyadari betapa pentingnya menetapkan alasan yang positif, maka untuk selanjutnya, cara-cara yang akan Anda tempuh pun akan positif pula. Adapun cara positif yang akan Anda tempuh antara lain seperti memilih makanan bernutrisi tinggi, olahraga secara teratur, dan mengatur pola makan Anda sedemikian rupa dengan berkonsultasi pada ahli gizi.
Sebagaimana Anda tahu, perubahan berat badan tidak akan terjadi secara sekejab. Perubahan bentuk tubuh menjadi bentuk tubuh yang ideal memerlukan waktu dan proses yang bertahap. Bila Anda diajak teman untuk makan direstoran dan makanan di sana tidak sesuai dengan menu diet Anda, maka jangan tolak permintaannya. Begitu pula dengan memakannya, Anda juga tidak perlu untuk merasa bersalah karena telah melanggar aturan diet. Melanggarnya diwaktu-waktu khusus tidak akan merusak semua pola baru yang Anda jalani. Kecuali Anda kembali pada kebiasaan lama Anda kembali.
Dalam menjalani program apapun, termasuk program diet, Anda harus menetapkan tujuan dan hasil yang ingin diraih. Namun, perlu di ingat semuanya harus realitis dan tidak dengan cara memaksakan diri. Sekali lagi, ingat motivasi awal Anda menginginkan tubuh yang ideal, untuk kesehatan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda dilarikan ke rumah sakit karena diet yang tidak sehat.
Olahraga rutin dan teratur sangat membantu program diet ini. Bila Anda sudah merasa nikmat dengan satu jenis olahraga, Anda dapat memperpanjang waktu Anda berolahraga. Dengan demikian diharapkan vitalitas tubuh Anda akan meningkat. Sebenarnya Anda tidak perlu repot untuk menekuni satu jenis olahraga tertentu untuk membantu program diet, cukup dengan banyak bergerak inipun juga sudah termasuk berolahraga. Oleh karena itu, olahraga jalan kaki sangat dianjurkan. Jenis olahraga ringan lain juga dapat Anda lakukan seperti bersepeda, bersepatu roda maupun bermain basket seorang diri atau dengan tim Anda. Bila sewaktu-waktu, Anda kehilangan minat dan ingin mencoba jenis olahraga lainnya, Anda dapat bertukar pikiran dengan guru olahraga di sekolah. Mungkin saja ia dapat memberikan sejumlah saran yang berharga untuk Anda. Biasanya guru olahraga dapat membantu muridnya yang sedang berusaha mencintai kehidupan yang sehat.
Dalam menjalani program ini, pasti ada saja aral dan rintangannya, oleh karena itu mintalah dukungan dari orang terdekat Anda, khusunya keluarga. Cara yang dapat Anda tempuh yaitu dengan berdiskusi dengan orangtua dan tidak lupa meminta bantuan dari mereka. Tawarkan mereka untuk membantu mencari makanan yang bernutrisi tinggi untuk dikonsusmsi bersama anggota keluarga lainnya. Hal ini penting, karena Anda tidak ingin sehat sendirian kan? Tentunya Anda menginginkan kesehatan seluruh anggota keluarga.
Selain cara-cara yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda tempuh, diantaranya mencari alasan lain yang lebih penting dari sekadar alasan penurunkan berat badan. Selain itu Anda dapat mengikuti olahraga kebugaran tubuh, untuk membugarkan fisik Anda. Membuat jadwal rutin untuk berkonsultasi dengan ahli gizi itu juga penting. Dan yang lebih penting dari semuanya adalah motivasimu untuk sehat selalu. Kami harapkan semoga Anda beruntung dan berhasil menjadi orang yang sehat dan bahagia.

Tidak ada komentar: